Text
Peran program the leader in me dalam pembentukan karakter kepemimpinan siswa pada sekolah An-Nisaa' : studi kasus pada siswa taman kanak-kanak An-Nisaa' Pondok Aren Tangerang Selatan
ABSTRAK
Prinika Dwirini, Peran Program The Leader in Me dalam Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Pada Sekolah An-Nisaa’. Studi Kasus: Pada Siswa Taman Kanak-Kanak An-Nisaa’, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Skripsi. Jakarta, Program Studi Sosiologi Pembangunan, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Pembentukan karakter kepemimpinan menjadi hal yang sangat penting ditanamkan pada anak atau siswa sejak duduk di bangku Taman Kanak-Kanak, karena pada fase ini, karakter siswa masih dapat dibentuk atau diubah melalui penanaman nilai kepemimpinan yang positif, sehingga akan membentuk karakter kepemimpinan yang kuat. Hal ini bertujuan untuk membentengi diri siswa agar terjauh dari masalah-masalah sosial yang terjadi akibat dampak dari krisis moralitas seperti, premanisme, bullying, narkoba, pemerkosaan dan bahkan pembunuhan. Sehingga pembentukan karakter kepemimpinan penting untuk diajarkan melalui lembaga formal, yaitu pendidikan di sekolah sebagai proses penanaman nilai-nilai karakter kepemimpinan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara dengan pihak sekolah, yaitu Kepala Sekolah dan Guru Taman Kanak-Kanak An-Nisaa’ dan 2 Orang tua Murid serta 3 peserta didik, dan juga 1 Direktur Dunamis Foundation, yaitu satu-satunya organisasi yang terlisensi atau memiliki izin khusus untuk memegang program The Leader in Me di Indonesia. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, dan studi pustaka lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Wawancara dilakukan dengan mewawancarai pihak-pihak terkait secara mendalam sesuai dengan tema penelitian. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai Mei 2016 di Taman Kanak-Kanak Sekolah An-Nisaa’, Pondok Aren, Tangerang Selatan.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keberhasilan peran program The Leader in Me dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa di Taman Kanak-Kanak An-Nisaa’, melalui pengembangan dan penyelarasan sistem akademik, pengembangan sarana dan prasarana sekolah, dan pengembangan budaya kepemimpinan yang berdampak pada aspek sikap, tindakan, dan pengetahuan. Pada aspek sikap kepemimpinan siswa sudah mulai tumbuh dengan memiliki keberanian dan kesadaran diri sendiri untuk memimpin tanpa harus ditunjuk atau di pilih oleh pendidik. Pada aspek tindakan, siswa sudah dapat mengetahui dan berusaha untuk mencapai tujuan yang diinginkannya dan juga mampu mencapai goals atau tujuan mereka. Dan, Pada aspek pengetahuan, siswa sudah mampu mengetahui nilai-nilai 7 habits dan mengimplementasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Program The Leader in Me, Karakter Kepemimpinan, Siswa.
Bibliografi : lembar 144-145
SS00010264 | SK 10264 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain