Text
Hubungan motivasi berprestasi dan rasa pecaya diri siswa terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas V SDN wilayah Binaan VII kecamatan Cakung Jakarta Timur
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN RASA PERCAYA DIRI
SISWATERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA
KELAS V SDN WILAYAH BINAAN VII
KECAMATAN CAKUNG JAKARTA TIMUR
(Studi Korelasional pada Siswa Kelas V SDN Wilayah Binaan VII Kecamatan Cakung
Jakarta Timur Tahun Ajaran 2015/2016)
Nur Seftiany
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dan rasa
percaya diri siswa dengan hasil belajar IPS siswa di SDN Wilayah Binaan VII
Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatinegara 06
Pagi dan Jatinegara 12 Petang, dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah
155 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
survey dengan pendekatan statistik dengan uji korelasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Masalah yang
menjadi fokus penelitian adalah : (1) Apakah terdapat hubungan positif antara motivasi
berprestasi (X1) dengan hasil belajar IPS siswa (Y)? (2) Apakah terdapat hubungan
positif antara rasa percaya diri siswa(X2) dengan hasil belajar IPS siswa (Y)? (3)
Apakah terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X1) dan rasa percaya diri
siswa (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa (Y)?Hasil penelitian
menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi
berprestasi (X1) dengan hasil belajar IPS siswa (Y). Hasil tersebut memberikan makna
bahwa semakin tinggi motivasi berprestasi seorang siswa SD maka semakin baik pula
hasil belajar IPS siswa.Hal ini dapat terlihat dari antusiasme siswa dalam menerima
materi yang diberikan oleh guru. Dengan dukungan dari dalam dan luar lingkungan
sekolah siswa dapat memperoleh hasil belajar maksimal yang didapat oleh siswa. (2)
Ada hubungan positif yang signifikan antara rasa percaya diri siswa (X2) dengan hasil
belajar IPS siswa (Y). Hasil tersebut memberikan makna bahwa rasa percaya diri siswa
memiliki hubungan langsung dengan hasil belajar IPS siswa. Semakin baik rasa
percaya diri yang dimiliki siswa maka semakin baik pula hasil belajar IPS siswa yang
dihasilkan. (3) Ada hubungan positif yang signifikan secara bersama-sama antara
motivasi berprestasi (X1) dan rasa percaya diri siswa (X2) terhadap hasil belajar IPS
siswa (Y). Hal tersebut memberikan makna bahwa motivasi berprestasi dan rasa
percaya diri siswa memberikan kontribusi yang positif terhadap hasil belajar IPS siswa.
Kata kunci : motivasi berprestasi, rasa percaya diri siswa, hasil belajar IPS
Bibliografi : lembar 114-117
TM00002042 | TM 2042 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain