Text
Pengaruh metode pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman : studi eksperimen pada siswa kelas V SD Segugus 1 kecamatan Baru kabupaten Barru Sulawesi Selatan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas V SD se-gugus I Kecamatan Barru, Kabupaten
Barru, Sulawesi Selatan) dengan jumlah responden 40 siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dan dengan
desain penelitian treatment by level 2x2. Teknik analsis data yang digunakan
yaitu Analisis of Varian (ANOVA) Two Way. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik Simple Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 40 responden siswa. .Hasil peneltian menunjukan (1) terdapat perbedaan
nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa yang belajar menggunakan
metode pembelajaran SQ3R dan yang belajar menggunakan metode pembelajaran
Quantum Reading; (2) terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran dan minat
baca terhadap kemampuan membaca pemahaman; (3 terdapat perbedaan nilai
rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa yang belajar menggunakan
metode pembelajaran SQ3R dan yang belajar menggunakan metode pembelajaran
Quantum Reading untuk level minat baca tinggi; (4) terdapat perbedaan nilai ratarata
kemampuan membaca pemahaman siswa yang belajar menggunakan metode
pembelajaran SQ3R dan yang belajar menggunakan metode pembelajaran
Quantum Reading untuk level minat baca rendah. Dari hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode pembelajaran dan minat baca
terhadap kemampuan membaca pemahaman.
Kata kunci: Metode Pembelajaran, Minat Baca, dan Kemampuan Membaca
Pemahaman
Bibliografi : lembar 135-138
TM00002045 | TM 2045 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain