Text
Relasi dominasi media dalam dakwahtainment : studi program dakwah "islam itu indah" Tans TV
ABSTRAK Nur Alfatiningsih. Relasi Dominasi Media dalam Dakwahtainment. Studi kasus: Program ‗Islam Itu Indah‘ TRANS TV. Skripsi, Jakarta: Program Studi Sosiologi Pembangunan, Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2016 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses produksi program ‗Islam Itu Indah‘ di TRANS TV yang merujuk pada bentuk komodifikasi konten, komodifikasi khalayak, dan komodifikasi pekerja yang terjadi dalam penayangan program. Selain itu juga membahas bagaimana narasumber dakwah program ―Islam Itu Indah‖ di TRANS TV sebagai komoditas pekerja dakwahtainment. Selanjutnya menjelaskan tentang relasi dominasi dalam Dakwahtainment program ceramah ―Islam Itu Indah‖ dan refleksi sosiologis dakwah, industri media dan pembangunan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan subjek penelitian tiga tim produksi program dan empat narasumber dakwah program ‗Islam Itu Indah‘ di TRANS TV. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan secara terstruktur dan tidak terstuktur. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literatur, internet, dan studi pustaka lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan antar aktor dalam dakwahtainment program ―Islam Itu Indah‖ di TRANS TV. Berdasarkan temuan data yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya dominasi media terhadap pekerja dakwahtainment (narasumber ceramah) dalam produksi program religi ‗Islam Itu Indah‘ di TRANS TV yang terbentuk dari proses produksi program. Terdapat temuan dalam tiga bentuk komodifikasi menurut Mosco dalam bukunya tahun 2009 yaitu komodifikasi khalayak, Komodifikasi konten, dan komodifikasi pekerja. Media menjual konten sebagai produk kepada khalayak. Khalayak dapat menguntungkan pengiklan dengan rating. Terakhir, pengiklan menjual iklan sebagai capital.
Kata Kunci: Khalayak, Dakwahtainment, Komodifikasi, Program „Islam Itu Indah‟ TRANS TV Bibliografi : lembar 149-152
SS00010265 | SK 10265 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain