Text
Pengembangan media pembelajaran poster fisika fluida statis dalam bentuk poster photoscrap
ABSTRAK
Fierda Zahara Jannah. Pengembangan Media Pembelajaran Poster Fisika
Fluida Statis dalam bentuk photoscrap. Skripsi, Jakarta : Program Studi
Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas
Negeri Jakarta. 2016
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran poster
dalam bentuk photoscrap yang dapat digunakan untuk media pembelajaran
materi pokok fluida statis untuk siswa SMA kelas X.. Poster yang dikembangkan
dalam penelitian ini adalah poster photoscrap yang terbuat dari bahan bahan
daur ulang atau sampah . Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu
pada rumusan Dick and Carey dengan tahapan : 1) Mengidentifikasi kebutuhan
instruksional dan menulis tujuan intruksional umum 2) Analisis instruksional 3)
Mengidentifikasi perilaku dan awal karakteristik peserta didik 4) Menulis tujuan
instruksional khusus 5) Menyusun alat penilaian hasil belajar 6) Menyusun
strategi instruksional 7) Mengembangkan bahan instruksional 8) Menyusun
desain dan melaksanakan evaluasi formatif . Poster ini telah melalui tahap uji
validasi dengan persentase 81.25 % menurut ahli materi, 79.95% menurut ahli
media, dan 94.85% menurut guru fisika SMA/MA yang diinterpretasikan sangat
baik. Hasil uji terbatas terhadap peserta didik menunjukan presentase
pencapaian sebesar 85.54% dari 5 aspek penilaian peserta didik terhadap
poster yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba dapat
disimpulkan bahwa poster fisika fluida statis dalam bentuk photoscrap telah
memenuhi persyaratan sebagai media pembelajaran fisika SMA Kelas X.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Poster, Photoscrap, fluida statis
Bibliografi : lembar 63-64
SS00011104 | SK 11104 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain