Text
Pengaruh metode reporting and presenting dengan media video terhadap kemampuan menulis teks berita siswa SMP Kelas VIII
Bibliografi : 89
ABSTRAK
DEVI TYAS KUSUMA. Pengaruh Metode Reporting and Presenting dengan Media
Video terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa SMP Kelas VIII. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni.
Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode
Reporting and Presenting dengan media video terhadap kemampuan menulis teks berita
siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP PGRI 9 Jakarta
semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik probably sampling dengan menentukan sampel secara acak. Kelas eksperimen
yaitu kelas VIII-2 (metode Reporting and Presenting dengan media video) dan kelas
kontrol yaitu kelas VIII-1 (metode pembelajaran konvensional). Dalam penelitian ini,
dilakukan uji coba sebanyak empat kali. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
penilaian menulis teks berita. Sebelum digunakan, instrument telah melalui uji validitas,
realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Berdasarkan penghitungan data
penelitian, kedua kelas penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal
dengan kelas eksperimen diperoleh Lo sebesar 0,1713 dan Ltabel pada taraf signifikansi
α = 0,05 untuk n = 25 sebesar 0,173. Berdasarkan hasil penghitungan didapat
0,1713
SS00010928 | SK 10928 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain