Text
Pengaruh metode roler picture (Role playing dan picture and picture) terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 99 Jakarta
ABSTRAK
RAHAULIANISFULAHSABATHINI.PengaruhMetodeRolerPicture(Role
Playing dan Pictureand Picture)Terhadap Kemampuan MenulisTeks
CeritaPendekSiswaKelasVIISMP Negeri99JakartaTimur.Skripsi.
Jakarta:Program StudiPendidikanBahasadanSastraIndonesia.Fakultas
BahasadanSeni.UniversitasNegeriJakarta.Juli.2016
Penelitian inibertujuan untuk mengetahuiadaatau tidak ada
pengaruhmetodeRolerPicture(RolePlayingdanPictureandPicture)
terhadapkemampuanmenulisteksceritapendeksiswakelasVIISMP
Negeri99Jakarta.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri99Jakarta
pada semester genap tahun ajaran 2015-2016. Penelitian ini
menggunakanmetodeeksperimenpretest-posttestcontrolgroupdesign.
Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswayangtercatatsebagaisiswa
kelasVIISMPNegeri99Jakarta.Pengambilansampeldilakukansecara
acakatausamplerandom sampling.Jumlahsampelsebanyak50orang
siswa.Denganrinciankelaseksperimenberjumlah25orangsiswadan
kelaskontrolberjumlah25orangsiswa.Berdasarkanpenghitunganyang
dilakukan,didapatnilairata-ratahasilkemampuanmenulistekscerita
pendek pada kelas eksperimen sebesar80,46.Nilaiinilebih tinggi
dibandingandengannilairata-ratahasilkemampuanmenulistekscerita
pendekpadakelaskontrolyaitusebesar59,52selisihdiantarakeduanya
adalah20,94.Ujipersyaratananalisisdatadilakukanmelaluiujinormalitas
(Liliefors)diperolehLo=0,143padakelaseksperimen,Lo=0,065pada
kelaskontroldengantarafsignifikansiα=0.05adalah0,173makaLo
SS00010930 | SK 10930 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain