Text
Pengembangan media papan panel pecahan untuk pembelajaran matematika kelas IV SD Islam Teladan Miftahul Falah Jakarta Barat
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PANEL PECAHAN UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDI TELADAN “MIFTAHUL FALAH” JAKARTA BARAT
MUSTIKA HIDAYATI
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SD pada materi bilangan pecahan dan sub materi operasi hitung bilangan pecahan. Responden penelitian ini adalah para siswa kelas IV SDI Teladan “Miftahul Falah” Jakarta Barat. Media ini dikembangkan melalui sepuluh langkah penelitian dan pengembangan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, ujicoba lapangan awal, merevisi hasil ujicoba, ujicoba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, desiminasi dan implementasi. Untuk melihat keefektifannya, peneliti melakukan uji ahli media, uji ahli materi dan uji lapangan pada peserta didik. Media pembelajaran yang dihasilkan secara keseluruhan valid karena memenuhi kriteria pada validasi dari ahli media dengan skor rata-rata 100%, ahli materi dengan skor rata-rata 86,105% dan dari seluruh tahapan uji coba diperoleh rata-rata presentase sebesar 91,809% yang dikategorikan “sangat baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang peneliti kembangkan efektif digunakan pada saat pembelajaran matematika.
Kata kunci: Pengembangan, Media, Papan Panel Pecahan, Pembelajaran Matematika
Bibliografi : lembar 74-76
SS00011116 | SK 11116 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain