Text
Penerapan strategi kognitif torch dalam meningkatkan keterampilan mengarang peserta didik berkesulitan belajar : penelitian tindakan di kelas V sekolah dasar negeri Kayuringin Jaya VI Bekasi
PENERAPAN STRATEGI KOGNITIF MELALUI TORCH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGARANG PESERTA DIDIK BERKESULITAN BELAJAR
(Penelitian Tindakan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kayuringin Jaya VI, Bekasi)
(2016)
Novita Istikomah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan strategi TORCH dalam meningkatkan keterampilan mengarang peserta didik berkesulitan belajar kelas V di SDN Kayuringin Jaya VI, Bekasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik berkesulitan belajar kelas V yang berjumlah 5 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan atau Action Research dengan model Martini Jamaris. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan tes kinerja yang dianalisis dengan uji t. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, yang masing-masing siklusnya terdiri dari asesmen awal, perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan asesmen akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi kognitif melalui TORCH dapat meningkatkan keterampilan mengarang peserta didik kelas V, khususnya dalam karangan narasi, yang ditandai dengan tercapainya nilai minimal dalam mengarang yaitu 70. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi TORCH dapat dijadikan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengarang.
Kata Kunci: Mengarang, Strategi Kognitif, Strategi TORCH, Peserta Didik Kesulitan Belajar
Bibliografi : lembar 115-116
SS00011112 | SK 11112 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain