Text
Perbedaan bentuk dan frekuensi cyberbullying antara siswa laki-laki dan perempuan : studi komparatif terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 90 Jakarta
PERBEDAAN BENTUK DAN FREKUENSI CYBERBULLYING ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
(Studi Komparatif Terhadap Siswa kelas VIII di SMP Negeri 90 Jakarta)
(2016) Annisa Permata R.S.P
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan bentuk dan Frekuensi cyberbullying antara siswa laki-laki dan perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 136 siswa, yaitu 64 siswa laki-laki dan 72 siswa perempuan di SMPN 90 Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling jenis Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen gambaran cyberbullying dan dianalisa dengan software SPSS 17.00. Instrumen penelitian dianalisis berdasarkan 3 jenjang kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik uji Mann-Whitney U-Test dalam SPSS 17.00 diperoleh hasil bahwa nilai Sig. sebesar 0.000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan cyberbullying antara siswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan informasi untuk berbagai pihak, khususnya guru BK untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa yang melakukan tindakan cyberbullying.
Kata Kunci: Cyberbullying, laki-laki dan perempuan.
Bibliografi : lembar 73-74
SS00010939 | SK 10939 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain