Text
Sikap orang tua siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar negeri penyelenggara pendidikan inklusif Jakarta Timur : penelitian survey di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif se-wilayah Jakarta Timur
SURVEI SIKAP ORANG TUA SISWA REGULER TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF JAKARTA TIMUR
(Penelitian Survei di Sekolah Dasar Negeri Penyelenggara Pendidikan Inklusif se-Wilayah Jakarta Timu) (2016) Irfan Rizaldi
ABSTRAK
Penelitian skirpsi ini bertujuan untuk memperoleh data empirik mengenai sikap orang tua siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar negeri penyelenggara pendidikan inklusif Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah 60 orang tua siswa reguler yang anaknya bersekolah di sekolah dasar negeri penyelenggara pendidikan inklusif Jakarta Timur. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampel. Metode yang digunakan adalah metode survey, dengan teknik deskriptif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini di lakukan dalam penelitian ini berupa angket isian tertutup dengan pola jawaban berskala likert. Sebelumnya penelitian ini telah diuji cobakan kepada pakarnya untuk mengetahui keabsahan dari tiap instrument. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipinang Cimpedak 02 Pagi, SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi, SDN Jatinegara Kaum 14 Pagi, SDN Rawamangun 09 Pagi, SDN Pisangan Baru 01, dan SDN Pisangan Timur 13 Pagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap orang tua siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar negeri penyelenggara pendidikan inklusif adalah positif. Oleh sebab itu, sikap positif yang dimunculkan oleh orang tua siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus berpengaruh terhadap keberhasilan siswa di sekolah.
Kata kunci: Sikap orang tua siswa reguler, siswa berkebutuhan khusus, pendidikan inklusif.
Bibliografi : lembar 90-91
SS00011161 | SK 11161 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain