Text
Strategi pembelajaran interaksi sosial untuk peserta didik autisme : studi deskriptif di kelas III SDLB di SLBN 7 Jakarta Timur
STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKSI SOSIAL UNTUK PESERTA DIDIK AUTISME KELAS III SDLB DI SLBN 7 JAKARTA TIMUR
Syah Zinan Aulia
ABSTRAK
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai strategi pembelajaran interaksi sosial kelas III SDLB di SLBN 7 Jakarta Timur. Subjek penelitian ini terdiri dari satu subjek yaitu kelas III SDLB. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Strategi pembelajaran interaksi sosial dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran interaksi sosial secara tersirat masuk ke dalam mata pelajaran reguler. Tidak ada materi pembelajaran khusus untuk pembelajaran interaksi sosial, dan tidak ada strategi pembelajaran interaksi sosial khusus yang diberikan kepada peserta didik autisme. Oleh karena itu, guru sebaiknya merancang strategi pembelajaran khusus kepada peserta didik autisme untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial secara maksimal
Kata kunci : Strategi pembelajaran interaksi sosial, peserta didik autisme
Bibliografi : lembar 69-72
SS00011163 | SK 11163 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain