Text
Upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V pokok bahasan sifat cahaya dengan menggunakan kit IPA SDN Setiabudi 01 pagi Jakarta Selatan
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V POKOK
BAHASAN SIFAT CAHAYA DENGAN MENGGUNAKAN KIT IPA SDN
SETIABUDI 01 PAGI JAKARTA SELATAN
(2016) Apriliyaningsih
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas V SD melalui penggunaan KIT IPA. Subyek dalam penelitian adalah
siswa kelas V SDN Setiabudi 01 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 30 orang.
Penelitian ini dilaksanakan dalam II Siklus. Hasil evaluasi setelah dilakukan
tindakan pada siklus I hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) baru
mencapai 68% sedangkan siklus II 96% Adapun hasil data pemantau
tindakan guru menggunakan KIT IPA pada siklus I mencapai 50% dan 70%
sedangkan siklus II mencapai 90% dan 100% Hasil data pemantau tindakan
siswa menggunakan KIT IPA pada siklus I mencapai 40% dan 60%
sedangkan pada siklus II mencapai 80% dan 100%. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunakan KIT IPA dapat dijadikan sebagai salah
satu upaya meningkatakn hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Oleh sebab itu,
guru perlu mengetahui media pembelajaran yang bersifat student centered
sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan belajar
siswa kelas V SD.
Kata kunci: Hasil Belajar, KIT IPA
Bibliografi : lembar 95-96
SS00011164 | SK 11164 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain