Text
Peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran senitari melalui media gambar siswa kelas III SDN Pejaten Timur II Pagi Pasar Minggu Jakarta Selatan
PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENITARI MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pejaten Timur 11 Pagi Pasar Minggu Jakarta Selatan tahun 2016) Nur Oktavia Sari Perdani
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas
pembelajaran seni tari pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan
(SBK) bagi siswa kelas III A SDN Pejaten Timur 11 Pagi Pasar Minggu
Jakarta Selatan melalui media gambar. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan
maret 2016 sampai dengan bulan april 2016 dan menggunakan dua siklus
model Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan data yang
diperoleh persentase kreativitas pada siklus I 37,5 % kemudia pada siklus II
meningkat menjadi 81,25 %. Begitu juga dengan hasil instrumen pemantau
tindakan penggunaan media gambar pada sikus I 45 % dan siklus II 80 %.
Instrumen penelitian ini telah divalidasi oleh penguji ahli. Dengan demikian
media gambar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas
pembelajaran seni tari. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya
peningkatan persentase pencapaian pada tiap siklusnya, implikasi penelitian
ini bahwa media gambar dapat dijadikan sebagai salah satu cara
meningkatkan pembelajaran seni tari.
Kata Kunci: kreativitas, pembelajaran seni tari SD, media gambar
Bibliografi : lembar 102-103
SS00011167 | SK 11167 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain