Text
Meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan dengan menggunakan media garis bilangan bergambar bagi peserta didik Tunarungu kelas II : penelitian tindakan kelas di SLBN 2 Jakarta
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GARIS BILANGAN BERGAMBAR BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II (Penelitian Tindakan Kelas di SLBN 2 Jakarta) (2016) Apuza
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung penjumlahan menggunakan media garis bilangan bergambar bagi peserta didik tunarungu kelas II di SLBN 2 Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2016 sampai dengan April 2016. Subjek penelitian adalah peserta didik tunarungu kelas II di SLBN 2 Jakarta yang berjumlah lima peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang pada setiap siklusnya menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media garis bilangan bergambar dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung penjumlahan pada peserta didik tunarungu kelas II di SLBN 2 Jakarta. Peserta didik menjadi lebih bersemangat dan tertarik belajar matematika, suasana selama proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. diharapkan guru dapat melakukan peningkatan hasil belajar matematika menggunakan media garis bilangan bergambar dan media lainnya yang lebih variatif.
Kata kunci: hasil belajar, media garis bilangan bergambar, penjumlahan, tunarungu
Bibliografi : lembar 133-134
SS00011168 | SK 11168 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain