Text
Meningkatkan kemampuan matematika operasi hitung penjumlahan menggunakan media congklak pada peserta didik tunarungu kelas II (penelitian tindakan kelas di SLB Negeri 6 Jakarta Barat)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA CONGKLAK PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II
(Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 6 Jakarta Barat) (2016) Armita Amalia Sholeha
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai peningkatan kemampuan matematika operasi hitung penjumlahan melalui penggunaan media congklak pada peserta didik tunarungu kelas II di SLB Negeri 6 Jakarta Barat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 2 peserta didik tunarungu. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi gambar. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan kemampuan yang diharapkan lebih dari skor yang ditentukan yaitu 60, sehingga penelitian diakhiri hanya pada dua siklus saja. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media congklak dapat meningkatkan kemampuan matematika operasi hitung penjumlahan pada peserta didik tunarungu.
Kata Kunci: kemampuan matematika operasi hitung penjumlahan, media congklak, peserta didik tunarungu.
Bibliografi : lembar 121-123
SS00011059 | SK 11059 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain