Text
Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) siswa kelas V SDN Cipinang Melayu 05 Pagi Jakarta Timur
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS V SDN CIPINANG MELAYU 05 PAGI JAKARTA TIMUR (2016) Rifqi Azmi
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2016 di SDN Cipinang Melayu 05 Pagi khususnya di kelas V yang berjumlah 39 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research) dengan metode penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Mc.Taggart. Adapun teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan data proses dan data hasil. Data proses berupa hasil pengamatan aktivitas guru. Adapun untuk data hasil berupa skor/nilai tes hasil belajar siswa yang dikerjakan disetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 27 siswa dengan prosentase sebesar 69,23%. Hasil tersebut belum mencapai target yaitu 80% siswa memperoleh hasil ≥ 70. Pada siklus II, hasil belajar IPS terjadi peningkatan sebanyak 32 siswa yang mendapat nilai ≥70 dengan prosentase sebesar 82,05%. Hasil tersebut sudah mencapai target minimal 80%. Data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan model cooperative learning tipe student team achievement division dapat meningkatkan hasil belajar IPS.
Kata kunci : Hasil Belajar IPS Kelas V SD, model Cooperative Learning tipe STAD.
Bibliografi : lembar 94-95
SS00011058 | SK 11058 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain