Text
Pengembangan media permainan transportation monopoly (TRAMO) berbasis direct method dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas V SD
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRANSPORTATION MONOPOLY (Tramo) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS DIRECT METHOD UNTUK SISWA KELAS V SD
(2016) Fitria Ayunda
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media permainan bahasa inggris berbasis direct method. Fokus pengembangan media permainan ini yaitu pada materi transportasi. Pengembangan media permainan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Peneliti menggunakan Sembilan langkah dari sepuluh langkah pengembangan Borg dan Gall. Adapun teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dari kedua ahli media sebesar 100% yang berarti Sangat Baik, ahli bidang studi sebesar 97% yang berarti Sangat Baik, pendidik atau guru bahasa ingggris sebesar 100% yang berarti juga Sangat Baik. Adapun data yang diperoleh dari peserta didik pada evaluasi satu-satu yaitu Sangat Baik, pada evaluasi kelompok kecil yaitu Sangat Baik, dan pada uji coba lapangan yaitu Sangat Baik. Terdapat peningkatan rata-rata hasil uji coba media permainan ini dari 94,75% menjadi 98%. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan ini sudah layak dan sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Media Permainan, Bahasa Inggris, Pendekatan Direct Method,
Materi Transportasi.
Bibliografi : lembar 97-99
SS00011051 | SK 11051 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain