Text
Pengaruh persepsi pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kleas XI akuntansi SMK Negeri 14 Jakarta
ABSTRAK ABDI NUGRAHA HAFID. Pengaruh Persepsi Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 14 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK Negeri 14 Jakarta dengan sampel berjumlah 84 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara kuesioner/angket dan dokumentasi. Validitas instrumen dilakukan dengan analisis butir menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heterokedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara antara persepsi pola asuh orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 14 Jakarta dengan koefisien determinasi sebesar 52,4%, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar, dan 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: persepsi pola asuh, motivasi belajar, prestasi belajar
Bibliorafi : lembar 121-123
SS00010272 | SK 10272 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain