Text
Meningkatkan hasil belajar IPS melalui model problem based learning kelas IV SDN 04 pagi Ciracas Jakarta Timur
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SDN CIRACAS 04 PAGI JAKARTA TIMUR
(Studies Classroom Action Research in SDN Ciracas 04 Pagi ) Adelina Monalisa
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPS melalui model Problem Based Learning di kelas IV SDN Ciracas 04 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 36 siswa pada semester kedua tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi/evaluasi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan prosentase sebesar 52,77% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena karena ketuntasan belajarnya masih di bawah masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 70. Pada siklus II prosentase nilai hasil belajar siswa mencapai 88,88%. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I yaitu 80% meningkat pada siklus II yaitu 90%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I yaitu 61,11% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 88,88%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dengan model Problem Based Learning siswa dapat terlibat aktif, semangat, tanggung jawab, dan dapat menyumbangkan ide di dalam kelompoknya.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Bibliografi : lembar 110-112
SS00011460 | SK 11460 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain