Text
Pengembangan bahan ajar gerak dasar lompat berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan jasmani si sekolah dasar
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GERAK DASAR LOMPAT BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
JASMANI DI SEKOLAH DASAR (2016) Nadia Noer Alifah Rahman
ABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk buku panduan guru yang diberi nama “Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lompat di Sekolah Dasar”. Metode yang digunakan dalam mengembangkan buku pegangan guru adalah metode penelitian dan pengembangan berdasarkan tahapan-tahapan dari Borg dan Gall. Tahapan yang dilakukan mencakup tahap studi pendahuluan, pengembangan, dan uji coba keefektifan produk. Data hasil uji coba ahli adalah sangat baik dengan nilai rata-rata dalam persen yaitu 93%. Sedangkan data yang diperoleh dari hasil uji coba lapangan utama adalah sangat baik dengan nilai rata-rata dalam persen yaitu 95,4%, dan data pada lapangan operasional adalah sangat baik dengan persentase 95,6%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan guru mempunyai kualitas sangat baik dan dapat dimanfaatkan oleh guru Pendidikan Jasmani dalam pembelajaran di kelas I-V SD.
Kata Kunci: gerak dasar, lompat, buku panduan guru, pendekatan saintifik.
Bibliografi : lembar 86-88
SS00011459 | SK 11459 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain