Text
Upaya meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun melalui metode read aloud : penelitian tindakan kelas di PAUD Matahari Bersinar kelurahan Malaka Sari kec. Duren Sawit Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA DALAM KONTEKS KALIMAT BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE READ ALOUD
(Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Matahari Bersinar, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Mei – Juni 2016) RINI PURNAWASARI PG PAUD - UNJ
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun melalui metode Read Aloud yang dilaksanakan di PAUD Matahari Bersinar, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur pada bulan Mei – Juni 2016. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah 7 anak kelas Mawar PAUD Matahari Bersinar, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur yang belum maksimal dalam memahami pembelajaran Bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data melalui catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi photo kegiatan. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data persentase diperoleh capaian sebesar 55,8% pada siklus I dan capaian sebesar 69,2% pada siklus II. Saat Pra Penelitian capaian angka pemahaman kosakata anak sebesar 34,5%, ini berarti sejak Pra Penelitian hingga siklus II terdapat peningkatan sebesar 34,7%. Berdasarkan hasil persentase kenaikan yang telah ditetapkan maka hipotesis tindakan diterima.
Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode Read Aloud dapat meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah dengan adanya pengkondisian dan perencanaan dalam metode Read Aloud dengan membacakan cerita Bahasa Inggris sederhana dapat dijadikan alternatif sebagai upaya meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun.
Kata kunci : Read Aloud, kosakata, anak usia 5-6 tahun.
Bibliografi : 152-153
SS00011458 | SK 11458 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain