Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SD
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD
(Studi Eksperimen di SDN Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan)
(2016)
Citra Trianda Ningsih
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Manggarai 03 Jakarta Selatan sebanyak 25 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknil random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan pre-post controll group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) berpengaruh positif terhadap Kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat dijadikan salah satu upaya dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui sikap siswa selama pempelajaran IPA sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran IPA yang lebih bervariasi untuk dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD
Bibliografi : lembar 106-108
SS00011457 | SK 11457 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain