Text
Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan (SBK) untuk kelas V SD
Penelitian pengambangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) untuk Kelas V SD dalam bidang seni rupa dan keterampilan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model pengembangan UNESCO. Model ini merupakan proses tiga tingkat, yakni penentuan masalah, desain, pengembangan. Responden dalam pengembangan ini diantaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli media, guru kelas V sebanyak 4 orang, perserta didik kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 13 peserta didik, dan peserta didik kelas V SDN Petir 2 Kota Tangerang sebanyak 30 peserta didik. Evaluasi Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) ini menggunakan uji evaluasi mulai dari expert review, one to one, small group, dan sampai field test. Dari hasil expert review diperoleh dalam persentase 96% yang artinya kualitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) sangat baik. Dalam menilai kelayakan atau keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) yang diuji coba small group memperoleh persentase rata-rata 95% yang artinya sangat baik dan uji coba field test memperoleh persentase rata-rata 92% yang artinya sangat baik juga. Hal ini memperlihatkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) sangat layak atau efektif untuk digunakan peserta didik kelas V Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), Penelitian dan Pengembangan
Floating research aims to produce products such as Activity Sheet Students in Arts and Culture Learning and Skills for Class V SD in arts and skills. The method used is a method of research and development (R & D), with a model of the development of UNESCO. This model is a three-level process, namely the determination of the problem, design, development. Respondents in the development of them, one expert lecturers material, a lecturer linguist, a professor of media experts, teachers grade V of 4 people, participants learners class V SDN Pasar Manggis 01 Morning South Jakarta as many as 13 learners, and learners class V SDN lightning 2 Kota Tangerang as many as 30 students. Evaluation Activity Sheet Students in Arts and Culture Learning and Skills is using the test for evaluation from an expert review, one to one, small group, and to field test. Expert review of the results obtained in the percentage of 96%, which means the quality of Activity Sheet Students (LKPD) in Arts and Culture Learning and Skills was excellent. In assessing the appropriateness or effectiveness of the Activity Sheet Students in Learning Arts Culture and Skills were tested small group obtained the average percentage of 95%, which means excellent and pilot field test obtaining the average percentage of 92% is that is to say very good as well. This shows that the Activity Sheet Students in Arts and Culture Learning and Skills is feasible or effective to use learners Elementary School fifth grade.
Keyword : Activity Sheet Students, Arts Culture and Skills, Research and Development
Bibliografi : lembar 110-112
SS00011453 | SK 11453 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain