Text
Kecerdasan sosial pengajar relawan di komunitas serambi inpirasi : studi kasus Yayasan Dinamika Indonesia Bantar Gebang Bekasi
ABSTRAK
SILVIA RADITA, Kecerdasan Sosial Pengajar Relawan di Komunitas Serambi Inspirasi (Studi Kasus Yayasan Dinamika Indonesia Bantar Gebang Bekasi). Skripsi: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Juni, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai kecerdasan sosial pengajar di Komunitas Serambi Inspirasi yang ditinjau dari beberapa kegiatan pengajar, presentasi pengajar ketika berada di dalam kelas dan kepedulian pengajar di dalam lingkungan Komunitas Serambi Inspirasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian yaitu metode kualitatif. Pengumupulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensial, dan auditing dengan dosen pembimbing. Analisis data dilakukan mengikuti model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan sosial yang harus dimiliki oleh pengajar relawan di Komunitas Serambi Inspirasi yaitu Presentasi diri dan kepedulian. Ternyata kecerdasan sosial yang dimiliki oleh pengajar jauh dari kata maksimal dalam penerapannya. Pada kenyataannya presentasi diri dan kepedulian pengajar masih sangat minim. Hal ini dikarenakan, pengajar di dalam komunitas Serambi Inspirasi memiliki usia dan background yang berbeda-beda. Hanya beberapa pengajar yang memiliki background guru sedangkan pengajar lain memiliki backround karyawan, ibu rumah tangga dan pegawai lainnya. Walaupun mereka hanya pengajar relawan, tetapi komunitas Serambi Inspirasi seharusnya memiliki kebijakan agar pengajar berasal dari background guru. Karena dari beberapa kegiatan di dalam kelas, pengajar lebih banyak mengabaikan siswa-siswi, memarahi beberapa siswa, menggunakan kata-kata mengancam dan bahkan pengajar tidak dapat mengkondisikan kelas dengan baik.
Kata Kunci: Presentasi Diri, Karisma, kepercayaan Diri, Kepedulian.
Bibliografi : lembar 184-185
SS00010292 | SK 10292 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain