Text
Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi potensi geografis Indonesia dengan menggunakan modelplus-minus-interesting (PMI) dan model ekspositori : penelitian tindakan di kelas XI IIS SMA Negeri 26 Jakarta
ABSTRAK
Novi Handayani. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POTENSI GEOGRAFIS INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PLUS-MINUS-INTERESTING (PMI) DAN MODEL EKSPOSITORI DI KELAS XI IIS SMA NEGERI 26 JAKARTA. Skripsi, Jakarta: Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Plus-Minus-Interesting (PMI) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 26 Jakarta pada bulan September – November 2015.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan metode kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen hasil belajar yang terdiri dari soal pre-test dan post-test serta observasi guru sebagai peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Plus-Minus-Interesting (PMI) lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori. Kesimpulan tersebut berdasarkan selisih antara pre-test dan post-test. Hasil Belajar kelas yang menggunakan model ekspositori (Kelas B) meningkat 9,97 dari nilai rerata awal 58,57 sedangkan nilai rerata akhir menjadi 68,54. Pada kelas yang menggunakan model Plus-Minus-Interesting (Kelas A) hasil belajar meningkat 12,88 dari nilai rerata awal 58,51 kemudian nilai rerata akhir menjadi 71,79. Jika dirinci berdasarkan tingkatan ranah kognitif, peningkatan pada ranah kognitif C1 di kelas B lebih tinggi 2,1 angka dibandingkan kelas A sedangkan untuk ranah C2 sampai dengan C5 peningkatan yang lebih tinggi diperoleh kelas A yaitu C2 sebesar 28,7 angka, C3 sebesar 16,2, C4 sebesar 3,5 dan C5 sebesar 6,2.
Kata kunci: Model Pembelajaran Plus-Minus-Interesting (PMI), Model Pembelajaran Ekspositori, Hasil Belajar Siswa.
Bibliografi : lembar 77-78
SS00010299 | SK 10299 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain