Text
Pengaruh strategi konflik kognitik terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 22 Jakarta
PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 22 JAKARTA
Sri Hartini, Trityatma Hadinugrahaningsih, Fera Kurniadewi
Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No 10,
Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia
Corresponding author: shartini270@gmail.com ( Sri Hartini)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi konflik kognitif terhadap hasil belajar pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment, Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil berupa nilai pretest dan postest menggunakan instrumen Two Tier Multiple Choice hasil pengembangan instrumen oleh Mita Yuli Dewi Lestari (2014).. Berdasarkan uji t didapat thitung = 3,33 dan ttabel = 1.67 dengan dk=56. Nilai thitung lebih besar dari ttabel, sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan strategi konflik kognitif berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa.
Kata kunci : konflik kognitif, hasil belajar, asam basa
Bibliografi : lembar 49-50
SS00011172 | SK 11172 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain