Text
Implementasi kebijakan pembatasan pengguna sepeda motor terhadap tingkat kemacetan : studi pada jalan M.H.Thamrin Jakarta Pusat
ABSTRAK
Franz Dennis Simarmata. Implementasi Kebijakan Pembatasan Pengguna Sepeda Motor Terhadap Tingkat Kemacetan (Studi Pada Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat). Skripsi Jakarta: Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan implementasi kebijakan pembatasan pengguna sepeda motor, serta menganalisis perubahan kondisi lalu lintas yang terjadi di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Penelitian ini di lakukan pada bulan Oktober sampai November 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengungkap secara lebih mendalam mengenai kebijakan pembatasan pengguna sepeda motor melalui wawancara mendalam terhadap informan dan survey yang dilakukan dilapangan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan dan 30 responden, yaitu pekerja yang menggunakan sepeda motor di jalan M.H. Thamrin. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang didasarkan dari 3 aspek, yaitu 1. Pemahaman masyarakat/pengguna jalan terhadap isi kebijakan, 2. Dampak dari kebijakan 3. Kondisi lalu lintas antara sebelum dan sesudah kebijakan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) pemahaman masyarakat mengenai kebijakan pembatasan lalu lintas sepeda motor diketahui dengan baik. Kondisi lalu lintas pada jalan M.H. Thamrin pun mengalami penurunan volume kendaraan yang menyebabkan tingkat kemacetan berkurang; (2) dari penerapan kebijakan pembatasan lalu lintas sepeda motor tidak hanya memberikan dampak positif, namun juga memberikan dampak negatif, diantaranya bertambahnya kepadatan volume kendaraan pada jalur alternatif M.H. Thamrin serta bertambahnya biaya dan waktu tempuh perjalanan; (3) kondisi lalu lintas antara sebelum dan sesudah penerapan kebijakan pembatasan sepeda motor menuai hasil yang baik, dikarenakan jalan M.H. Thamrin tidak lagi mengalami kemacetan parah seperti sebelum diterapkannya kebijakan tersebut.
Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kemacetan, Lalu Lintas
Bibliografi : lembar 64-65
SS00010305 | SK 10305 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain