Text
Hubungan antara kesungguhan (conscientiousness) dengan hasil belajar biologi siswa: studi korelasional terhadap siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 38 Jakarta
ABSTRAK
MELANI WULANDARI. Hubungan antara Kesungguhan
(Conscientiousness) dengan Hasil Belajar Biologi: Studi Korelasional
terhadap Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri 38 Jakarta. Skripsi. Jakarta:
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Kesungguhan atau conscientiousness merupakan kecenderungan seseorang
untuk dapat diandalkan, terorganisasi, menyeluruh dan bertanggung jawab.
Kurangnya kesungguhan yang dimiliki siswa membuat hasil belajar biologi
pada materi ekosistem menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara kesungguhan (conscientiousness) dengan
hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 38 Jakarta. Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan Maret - April tahun 2016. Metode yang
digunakan adalah metode survei melalui studi korelasional. Jumlah sampel
sebanyak 105 siswa kelas X MIPA. Hasil pengujian normalitas dan
homogenitas menunjukan data sampel berasal dari populasi berdistribusi
normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini adalah terdapat
hubungan positif yang signifikan antara kesungguhan (conscientiousness)
dengan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 38 Jakarta
dengan koefisien korelasi sebesar 0,804 pada persamaan Ŷ = 5,663 +
0,195X. Kesungguhan (conscientiousness) memberikan kontribusi terhadap
hasil belajar biologi siswa sebesar 64,69%.
Kata kunci: kesungguhan, conscientiousness, hasil belajar biologi, ekosistem
Bibliografi : lembar 46-48
SS00011177 | SK 11177 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain