Text
Pengembangan media pembelajaran kimia lectora inspire berbasis pendekatan saintifik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan
ABSTRAK
Nopja Atni Radjlin. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Lectora Inspire Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis pendekatan saintifik pada materi larutan dan hasil kali kelarutan kelas XI. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Februari-Mei 2016 di SMA Negeri 59 Jakarta dan MAN 1 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, validasi oleh para ahli, dan uji coba kepada siswa serta guru.
Media Lectora Inspire yang dikembangkan yang diuji kelayakannya oleh para ahli, mempunyai nilai r sebesar 0,91 – 0,96 yang diartikan bahwa kesesuaian antar penilai dalam menilai kualitas media sudah baik. Selain itu , diperoleh presentase hasil uji coba media kepada siswa dan guru untuk tiap indikatornya sebesar 78,7 – 91,6%, yang menandakan bahwa tiap indikator telah tercapai dengan baik. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire berbasis Pendekatan saintifik yang dikembangkan dikatakan baik dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Kata Kunci : Media Lectora Inspire, Larutan dan Hasil Kali Kelarutan, Pendekatan Saintifik
Bibliografi : lembar 77-78
SS00011178 | SK 11178 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain