Text
Pengembangan buku pengayaan pengetahuan "kajian fisik peristiwa kebakaran hutan" untuk siswa SMA
Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat praktikum gerak melingkar berbasis sensor magnetik untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa SMA. Terdapat beberapa praktikum yang dapat diujicobakan pada alat ini antara lain frekuensi dengan hasil pada 30 putaran (12,10±0,06)Hz dan periode (8,263±0,44), karakteristik gerak melingkar beraturan dengan kecepatan sudur (2,599±0,123)rad/s dan kecepatan linear (4,348±0,039)m/s, gaya sentripetal (3,57±0,12)N dan gerak melingkar berubah beraturan (10,5±0,5)rad/s2. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Hasil uji kelayakan oleh ahli materi memperoleh rata-rata 87,5%, ahli media 93,75% dan ahli pembelajaran 82,81%. Ketiga penilaian tersebut memperoleh interpretasi “sangat baik”. Hasil uji efektivitas pada uji lapangan pertama diperoleh skor gain sebesar 0,35 dan pada uji lapangan kedua diperoleh skor gain sebesar 0,38 yang menunjukan bahwa alat praktikum gerak melingkar berbasis sensor magnetik dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa dengan kategori sedang. Hasil kuesioner uji lapangan yang diisi oleh siswa mendapat persentase 77,31% pada uji lapangan pertama dan 80,64% pada uji lapangan kedua. Hasil uji lapangan memperoleh interpretasi “sangat baik”. Berdasarkan uji kelayakan dan uji efektivitas dapat disimpulkan alat praktikum gerak melingkar berbasis sensor magnetik dinyatakan layak sebagai alat praktikum gerak melingkar beraturan dan dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa.
This research aimed to develop a circular motion practice device for senior high school and improve their analytical thinking skills. The device visualized circular motion concept. There were several practicums that could be tested on this device, including frequency with results on 30 rounds (12.10 ± 0.06)Hz and periods (8.263 ± 0.44)s, uniform circular motion characteristics with angular velocity (2.599 ± 0.123)rad/s and linear velocity (4,348 ± 0,039)m/s, centripetal force (3,57 ± 0,12)N and angular acceleration of non uniform circular motion (10,5 ± 0,5)rad/s2. The applied method of this research is an ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development research method. Based on the results of the feasibility from material expert the score was 87,5%, from media expert the score was 93,75% and from learning expert the score was 82,81%. The overall result of the feasibility test gets excellent interpretation for this developing practice device. The result of first effectiveness test obtained gain score 0,35 and the second obtained gain score 0,38 that indicated the device could enhance students’ analytical thinking skills with moderate category. The result of first field test obtained 77,31% and the second obtained 80,64% with excellent interpretation. Based on feasibility test and field test concluded that circular motion practice device using magnetic sensor was qualified and enhanced students’ analytical thinking skills.
SS00011197 | SK 11197 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain