Text
Pengembangan paludarium sebagai media pembelajaran biologi pokok bahasa ekosistem di SMA
ABSTRAK
DIANA DIA LISMANA. Pengembangan Paludarium sebagai Media Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Ekosistem di SMA. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Paludarium merupakan salah satu seni desain lanskap dalam sebuah wadah dengan memvisualisasikan ekosistem darat, air, udara sehingga terlihat layaknya di alam nyata. Paludarium dapat dijadikan potensi sebagai media pembelajaran ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paludarium sebagai media pembelajaran Biologi pokok bahasan ekosistem dan mengetahui kelayakan paludarium sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMAN 38 Jakarta dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Analisis potensi dan masalah, perencanaan, desain paludarium, validasi desain, revisi paludarium, dan uji coba paludarium merupakan tahapan yang dilalui pada penelitian ini. Paludarium yang dikembangkan dan diuji coba memperoleh persentase rata-rata akhir 84,2%. Rata-rata hasil belajar siswa pada uji lapangan terbatas (36 siswa) sesudah menggunakan paludarium adalah 82,77. Rata-rata hasil belajar siswa pada uji lapangan skala luas (72 siswa) sesudah menggunakan paludarium adalah 83,54. Ketuntasan belajar klasikal sesudah menggunakan paludarium pada uji skala terbatas adalah 97,2% dan pada uji skla luas adalah 81,9%. Maka disimpulkan, paludarium sebagai media pembelajaran layak dijadikan sebagai media pembelajaran Biologi pokok bahasan ekosistem di SMA.
Kata kunci: ekosistem, media pembelajaran, paludarium, penelitian dan pengembangan
Bibliografi : lembar 60-62
SS00011200 | SK 11200 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain