Text
Meningkatkan keterampilan motorik kasar anak usia dini 4-5 tahun melalui permainan enklek : penelitian tindakan kelas di TK Islam At-Taqwa Daksinapati Raya Rawamangun
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui permainan engklekdi TK Islam At-taqwa, Rawamangun. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelompok A yang berjumlah 13 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dengan melalui permaiana engklek menunjuk kan bahwa pemerolehan data pada siklus I adalah 56,71% dan siklus II mencapai 87,50%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa melalui permainan engklek dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok A di TK Islam At-taqwa, Rawamangun.
Hasil analisis data kualitatif membuktikan bahwa melalui permainan engklek dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun. Anak dapat berjala, melempar, dan melompat. Peningkatan tersebut dikatakan signifikan. Untuk itu, disarankan penerapannya dapat disesuaikan dengan keadaan sekolah, kesanggupan guru dan kesediaan anak.
Kata kunci: Keterampilan Motorik Kasar, Melalui Permainan Engklek
Bibliografi ; lembar 151-154
SS00011452 | SK 11452 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain