Text
Pembuatan media pembelajaran berbasis video mata kuliah pengaturan motor (studi pada program studi pendidikan teknik elektro, fakultas teknik, Universitas Negeri Jakarta)
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis video mata kuliah pengaturan motor untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis video ini efektif atau tidak. Pembuatan media pembelajaran berbasis video ini menggunakan beberapa tahapan yaitu, studi literatur, analisis kebutuhan, perencanaan produk, pembuatan produk, pembuatan instrumen uji kelayakan dan uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan mahasiswa guna mengetahui kelayakan media yang dibuat. Selanjutnya untuk menguji keefektifan dari media pembelajaran berbasis video mata kuliah pengaturan motor, mahasiswa diberikan soal post test yang
sebelumnya sudah di uji validitas dan reabilitasnya dengan menggunakan model eksperimen.
Hasil uji kelayakan mendapatkan skor >80% yaitu ahli materi mendapat skor sebesar 94,23%, ahli media 91,66%, dan mahasiswa 86,13%. Dari hasil tersebut, media pembelajaran berbasis video mata kuliah pengaturan motor sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Rata-rata nilai post test mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis video sebesar 83, sedangkan mahasiswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis video memiliki rata-rata sebesar 80,56. Dari data tersebut menunjukkan bahwa hasil nilai post test yang menggunakan media pembelajaran berbasis video lebih tinggi dibandingkan dengan hasil nilai post test yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis video. Dari perbedaan hasil post test tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis video mata kuliah pengaturan motor efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pembuatan, media pembelajaran berbasis video pengaturan motor, hasil belajar post test
Bibliografi : lembar 79
SS00011205 | SK 11205 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain