Text
Pengembangan media pembelajaran pada materi arthopoda dengan media komik untuk siswa kelas X di SMAN 44 Jakarta
ABSTRAK LABIBAH MARWA. Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Arthropoda Dengan Media Komik Untuk Siswa Kelas X di SMAN 44 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta, 2016. Salah satu media pembelajaran untuk materi Arthropoda yang dapat digunakan adalah media komik. Kelebihan komik sebagai media pembelajaran antara lain karena komik sangat disukai kalangan anak muda, mampu memotivasi serta lebih mudah dipahami dengan visual yang menarik dan teks yang sedikit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi Arthropoda dengan media komik untuk siswa SMA kelas X serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 44 Jakarta bulan Agustus sampai Desember 2015, dengan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Analisis data meliputi uji kelayakan kepada ahli materi dan ahli media serta uji coba kepada siswa yang dibagi menjadi uji coba kelompok besar dan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian berupa pengembangan komik biologi materi Arthropoda. Kualitas komik berdasarkan penilaian ahli materi, penilaian ahli media, dan penilaian guru media komik yang dikembangkat mendapat kriteria baik. Penilaian siswa mendapatkan kriteria sangat baik. Analisis data yang diperoleh dari hasil validasi oleh tim ahli serta hasil uji coba kelompok terbatas dan luas menunjukkan bahwa komik biologi ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Arthropoda. Kata kunci: Arthropoda, Komik, Media pembelajaran.Bibliografi : lembar 58-60
SS00011211 | SK 11211 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain