Text
Pengaruh penerapan modul reciprocal teaching terintegrasi mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi filum arthropoda
ABSTRAK
HELDA DUMAYANTI. Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terintegrasi Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Filum Arthropoda. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Filum Arthropoda merupakan salah satu dari materi pelajaran Biologi yang membutuhkan pemahaman konsep. Salah satu model yang tepat untuk diterapkan pada materi tersebut adalah model reciprocal teaching terintegrasi mind mapping. Model ini dapat membuat siswa menjadi lebih memahami materi dan memudahkan dalam mengingat materi karena hubungan antar berbagai konsep dan adanya visualisasi warna serta gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model reciprocal teaching terintegrasi mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Filum Arthropoda. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 105 Jakarta pada bulan Februari-Maret 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest pemahaman konsep dalam bentuk pilihan ganda yang disertai dengan indeks CRI (Certainty of Response Index) atau skala keyakinan responden dalam menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis, data dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil tes uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model reciprocal teaching terintegrasi mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Filum Arthropoda.
Kata kunci : Arthropoda, konsep, mind mapping, reciprocal teaching
Bibliografi : lembar 59-62
SS00011212 | SK 11212 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain