Text
Pengaruh penerapan strategi pembelajaran predict discuss explain observe discuss explain (Pdeode) terhadap hasil belajar kimia pada materi larutan penyangga
Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain (PDEODE) Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga
Dewi Damayanti1, Suhartono2, Zulhipri2 1Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta 2Dosen Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10, Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia
Korespondensi Penulis: dewiegas113gmail.com (Dewi)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain (PDEODE) terhadap hasil belajar pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 113 Jakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, yang diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran PDEODE dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran 5M yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kimia berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial uji-t. Rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 81,25 sedangkan rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas kontrol adalah 74,31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 3,835 > ttabel = 1,99). Adanya perbedaan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PDEODE berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi Larutan Penyangga.
Kata Kunci: Pembelajaran PDEODE, Hasil Belajar, Larutan Penyangga
Bibliografi : lembar 56-58
SS00011217 | SK 11217 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain