Text
Pengaruh strategi pembelajaran (media sosial vs konvensional) terhadap hasil belajar biologi : studi eksperimen terhadap siswa SMA di SMA Negeri 71 Jakarta dan SMA Negeri 3 Bekasi
ABSTRAK
KARTIKA APRILIA NURCAHYANTI. Pengaruh Strategi Pembelajaran
(Media Sosial vs Konvensional) Terhadap Hasil Belajar Biologi (Studi
Eksperimen terhadap Siswa SMA di SMA Negeri 71 Jakarta dan SMA
Negeri 3 Bekasi). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Jakarta. 2015.
Strategi pembelajaran merupakan usaha guru dalam merencanakan proses
pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif
dan efisien yang sesuai dengan kondisi siswa. Di era globalisasi seperti
sekarang ini, perkembangan teknologi dan informasi banyak dimanfaatkan
oleh siswa salah satunya adalah media sosial. Strategi pembelajaran yang
diterapkan oleh guru menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil
belajar siswa terutama dalam mata pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa antara yang
menggunakan strategi pembelajaran (media sosial vs konvensional).
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 71 Jakarta dan SMA Negeri 3
Bekasi pada Februari-April 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan teknik
Simple Random Sampling dan diperoleh jumlah sampel 140 siswa yang
terdiri atas 70 siswa dari 2 kelas eksperimen (X1) dan (X2) dan 70 siswa dari
2 kelas kontrol (Y1) dan (Y2). Jumlah minimal sampel pada penelitian ini
ditentukan dengan rumus standar eror MacClave. Teknik pengumpulan data
dengan menggunakan intrumen tes hasil belajar kognitif berupa pilihan ganda
melalui Post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi
ekosistem. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas
dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji F.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan
homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t dengan hasil tolak H0
terima H1 pada α = 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar
biologi siswa antara yang diajar dengan strategi pembelajaran media sosial
dengan strategi pembelajaran konvensional.
Kata kunci : hasil belajar, konvensional, media sosial, strategi pembelajaran.
Bibliografi : lembar 58-59
SS00011220 | SK 11220 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain