Text
Meningkatkan kemampuan matematika penggunaan uang melalui permainan monopoi pada siswa tunagrahita kelas VIIi SMPLB : penelitian tindakan kelas di SMPLB Kasih Bunda Jakarta Barat
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PENGGUNAAN UANG MELALUI
PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VIII SMPLB
(Penelitian Tindakan Kelas di SMPLB Kasih Bunda Jakarta Barat)
Mariam Giselle Andrea Luciano
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika penggunaan
uang melalui permainan monopoli pada siswa tunagrahita kelas VIII SMPLB Kasih
Bunda Jakarta Barat. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas VIII
sebanyak 3 orang. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
penggunaan uang melalui permainan monopoli. Pengumpulan data menggunakan
tes tertulis, wawancara, dan observasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas dengan desain penelitian model Kemmis Taggart yang setiap siklusnya terdiri
dari 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa permainan monopoli dapat meningkatkan
kemampuan matematika penggunaan uang pada siswa kelas VIII SMPLB Kasih
Bunda Jakarta Barat. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan permainan
monopoli dapat dijadikan sebagai salah satu usaha dalam meningkatkan kemapuan
matematika penggunaan uang kelas VIII SMPLB. Oleh sebab itu, guru perlu
mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang
kegiatan yang bervariasi dan dapat menggunakan permainan monopoli sebagai
salah satu pilihan untuk meningkatkan kemampuan matematikan penggunaan uang
pada siswa kelas VIII SMPLB.
Kata Kunci: Matematika penggunaan uang, Siswa tunagrahita, Permainan
monopoli
Bibliografi : lembar 93-95
SS00011326 | SK 11326 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain