Text
Pembelajaran bina diri menyikat gigi pada peserta didik kelas 4 di SDLB Kasih Bunda Tambora Jakarta Barat
PEMBELAJARAN BINA DIRI MENYIKAT GIGI PADA PESERTA DIDIK TUNADAKSA KELAS 4 DI SDLB KASIH BUNDA TAMBORA JAKARTA BARAT
Riska Amanda
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai pembelajaran bina diri peserta didik tunadaksa sehingga menjadikan peserta didik hidup mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah hasil observasi dan wawancara guru, kepala sekolah, dan peserta didik serta pemeriksaan dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran bina diri menyikat gigi pada peserta didik tunadaksa kelas 4, guru hanya membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran saja. Metode yang digunakan adalah demonstrasi dan praktek. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan penjelasan dan praktek langsung. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran bina diri menyikat gigi pada peserta didik tunadaksa kelas 4 di SDLB Kasih Bunda, guru tidak membuat perencanaan pembelajaran dan juga tidak menggunakan bahan ajar, namun tidak berdampak pada kesiapan pelaksanaan pembelajaran dan peserta didik tunadaksa dapat merawat diri dengan mandiri.
Kata Kunci : Bina Diri, Menyikat Gigi, Peserta Didik Tunadaksa
SS00011329 | SK 11329 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain