Text
Peran ekstrakurikuler pramuka dalam mengembangkan karakter siswa SMA Negeri 7 Jakarta
PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMA NEGERI 7 JAKARTA
(2016)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam mengembangkan karakter siswa SMA Negeri 7 Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) perencanaan yang dilakukan diawali dengan rapat kerja sekolah pada setiap awal tahun ajaran baru yang menghasilkan dokumen-dokumen program kerja kegiatan berisi penetapan pembina dan pelatih, waktu pelaksanaan, dan anggaran. (2) kegiatan pelaksanaan dilakukan di sekolah pada hari Rabu dan diluar sekolah. (3) pengendalian kegiatan dilakukan dengan cara monitoring oleh pelatih dan guru pembina dengan mengawasi pelaksanaan, memeriksa program kerja ekstrakurikuler, kehadiran dan pendekatan terhadap anggota dan orang tua yang menghasilkan penilaian pada setiap akhir semester.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler berperan aktif dalam pengembangan karakter siswa melalui minat dan bakat yang tersalurkan. Dengan memaksimalkan usaha yang dilakukan sekolah dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan pengembangan dan peningkatan karakter yang berkualitas sehingga memaksimalkan prestasi yang membanggakan.
Bibliografi : lembar 90-91
SS00011330 | SK 11330 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain