Text
Perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model problem based learning dan model problem posing learning di SDN kelurahan Pejaten Timur kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan
PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PROBLEM POSING LEARNING DI SDN KELURAHAN PEJATEN TIMUR KECAMATAN PASAR MINGGU JAKARTA TIMUR
(2016)
BETRYANA APRILIA CIPTA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model problem based learning dan model problem posing learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pejaten timur 11 Pagi Jakarta selatan pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil secara acak sederhana mengambil sebanyak 60 siswa dari populasi sebanyak 63 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membedakan 2 kelompok yang diteliti yaitu kelompok eksperimen menggunakan model problem based learning dan kelompok kontrol menggunakan model problem posing learning. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Instrumen diuji cobakan kepada 30 siswa kelas IV di SDN Pejaten timur 15 Pagi. Dari uji validitas hasil belajar IPA siswa dengan rumus Point biserial didapat 25 butir soal yang valid dan reliabel. Sebelum data dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Karena Lhitung=0,117
SS00011324 | SK 11324 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain