Text
Exploring character of marginal children through children literature in "koran" community, East Jakarta
Mudrika. 2016. Pengamatan terhadap Karakter Anak-Anak Marginal melalui
Sastra Anak pada Komunitas KORAN, Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Jurusan
Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sastra anak dalam
pengembangan karakter pada anak-anak marginal di komunitas KORAN,
Klender. Metode yang digunakan adalah metode qualitatif dengan observasi
sebagai instrumennya yang hasilnya dibaca secara qualitatif. Penelitian ini
menggunakan teori sastra pragmatik untuk menganalisis bagaimana pesan dalam
sastra dapat diserap dan diimplementasikan dalamkehidupan subjek, serta
indikator karakter oleh Smith untuk mengukur perkembangan karakter subjek.
Observasi dilakukan dengan memberikan cerita rakyat pada dua belas anak
berusia 8-11 tahun dalam jangka waktu empat bulan. Penjelasan dipaparkan
berdasarkan tipe dari cerita yang diberikan: legenda, fabel, mitos dan dongeng.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sastra anak yang pada penelitian ini
adalah cerita rakyat, merupakan alat yang efektif dalam menanamkan nilai moral
dan budaya pada anak-anak. Dari cerita yang diberikan, legenda merupakan tipe
yang paling efektif dalam menanamkan nilai moral terbukti dari banyaknya nilai
yang dapat ditangkap subjek dengan baik melalui legenda. Dari perubahan
karakter anak yang diamati, disimpulkan bahwa anak-anak menjadi lebih baik
dalam segi sikap dan kemampuan kognitif setelah dilibatkan dalam observasi.
Mereka menjadi lebih baik dalam segi keimanan, lebih respek pada yang lebih
tua, senang berbagi, peduli, mau memaafkan, lebih baik dalam hal pengaturan
emosi, lebih semangat belajar dan lebih tertarik pada bahasa Inggris.
Kata kunci: pengembangan karakter, sastra anak, anak marjinal, cerita rakyat
Bibliografi : lembar 74-76
SS00011349 | SK 11349 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain