Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPA kelas IV sekolah dasar di kelurahan Cipinang melayu kecamatan Makasar Jakarta Timur
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A
MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI
KELURAHAN CIPINANG MELAYU KECAMATAN MAKASAR
JAKARTA TIMUR Dea Ayuningtyas
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaraan kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar IPA
materi sumber daya alam. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kelurahan
Cipinang Melayu dengan sampel siswa kelas IV pada semester 2 tahun
ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster
Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes
hasil belajar IPA dengan materi sumber daya alam, kemudian dihitung
normalitas data menggunakan Lilliefors dan homogenitas menggunakan
fisher. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data
berdistribusi normal dan kedua kelas homogen. Selanjutnya dianalisa dengan
uji t. Hasil perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung sebesar 2,74, harga ttabel
pada taraf signifikan ɑ=0,05 dan dk 62 adalah 1,67. Oleh karena harga thitung
lebih besar daripada ttabel (2,74>1,67), maka hipotesis nol ditolak dan
hipotesis kerja diterima. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif
tipe make a match berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada
pembelajaran IPA dengan materi sumber daya alam siswa kelas IV sekolah
dasar.
Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil belajar IPA
siswa kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 70-72
SS00011261 | SK 11261 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain