Text
Pemanfaatan media video pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMAN 107 Jakarta
ABSTRAK
Muhammad Andhika Ramadhan, Pemanfaatan Media Video Pembelajaran
Pada Mata Pelajaran Geografi kelas XI di SMAN 107 Jakarta. Skripsi,
Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2016.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai
bagaimanakah pemanfaatan media video pembelajaran pada mata pelajaran
geografi kelas XI di SMAN 107 Jakarta. Secara khusus penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan panduan pemanfaatan media sesuai dengan
prosedur ASSURE.
Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah atas dimana guru geografi
kelas XI telah menggunakan video sebagai media pembelajaran di kelas.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI. Sedangkan pada
penelitian ini kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah kelas
XI IPS 1 dan XI IPS 2. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan pada bulan
Mei 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Penelitian ini berupaya mencari informasi seperti apa pemanfaatan
media video pembelajaran kelas yang dilakukan guru geografi di kelas XI
IPS.
Hasil penelitian menunjukan secara umum pemanfaatan media video
pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMAN 107 Jakarta
yang dimulai dari tahap analisis peserta didik; merumuskan tujuan; memilih
metode, media dan bahan ajar; menggunakan media dan bahan ajar;
melibatkan peran peserta didik; evaluasi dan revisi, semua sudah cukup baik.
Tahap analisis peserta didik dalam proses pemanfaatan media video
pembelajaran dapat disimpulkan secara umum masih kurang dari yang
diharapkan. Karena guru belum mampu menyamakan persepsi dalam
pembelajaran.
Tahap merumuskan tujuan dalam pemanfaatan media video pada mata
pelajaran geografi kelas XI di SMAN 107 Jakarta dapat disimpulkan sudah
cukup baik.
Tahap memiliih metode, media dan materi dalam pemanfaatan media video
pembelajaran secara umum dapat dikatakan sudah cukup baik.
i
Tahap menggunakan media dan materi dalam pemanfaatan media video
pembelajaran pada mata pelajaran geografi di SMAN 107 secara umum
dapat disimpulkan sudah cukup baik.
Tahap melibatkan peran peserta didik yang dilakukan guru geografi di SMAN
107 secara umum dapat disimpulkan sudah cukup baik prosesnya.
Tahap evaluasi dan revisi yang dilakukan guru dalam pemanfaatan media
video pembelajaran secara umum dapat disimpulkan sudah sangat baik.
Kata Kunci: media pembelajaran, video pembelajaran, dan mata pelajaran
geografi.
Bibliografi : lembar 105-106
SS00011264 | SK 11264 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain