Text
Gambaran perilaku proposial peserta didik sekolah dasar : survey pada peserta didik kelas V sekolah dasar negeri di kelurahan Kebayoran Lama Utara
GAMBARAN PERILAKU PROSOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
(Survey pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Kebayoran Lama Utara)
(2016)
YUNI HASTUTI
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran perilaku prososial peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di 6 SD Negeri Kebayoran Lama Utara yang berjumlah 333 peserta didik. Sampel penelitian sebanyak 172 peserta didik dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen perilaku prososial yang berjumlah 26 item dari 6 aspek perilaku prososial. Skala yang digunakan pada penelitian ini ialah skala Likert. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik persentase. Sebelum perhitungan persentase, terlebih dahulu dibuatkan kategorisasi jenjang. Dalam penelitian ini diberlakukan norma kategorisasi dengan kriteria: tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 123 responden (71.51%) termasuk dalam kategori tinggi yang berarti peserta didik pada 6 SD Negeri di Kelurahan Kebayoran Lama Utara mampu berperilaku prososial dengan sangat baik, yaitu peserta didik sudah memiliki kesadaran yang tinggi untuk berperilaku prososial.
Kata Kunci: Perilaku prososial, peserta didik, kelas 5 SD,
Bibliografi : lembar 105-107
SS00011265 | SK 11265 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain