Text
Interactive metadiscourse in finding and discussion of theses at english department Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Syifa Fadhilah Hamid: 2016. Interactive Metadiscourse di Bagian Temuan dan Pembahasan dalam Tesis di Departemen Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta: Departemen Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universistas Negeri Jakarta.
Interactive metadiscourse adalah salah satu sub kategori dari metadiscourse markers yang merujuk pada sebuah fitur yang digunakan untuk mengkosntruksi dan mengorganisir informasi secara efektif untuk membuat teks tulisan yang logis dan meyakinkan. Menurut Hyland (2004), interactive metadiscourse terdiri dari lima kategori, yaitu: transitions, frame markers, endophoric markers, evidentials, dan code glosses. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui tipe-tipe interactive metadiscourse apa saja yang digunakan oleh mahasiswa S2 bahasa Inggris dalam tesis di bagian temuan dan diskusi mereka dan untuk mengetahui bagaimana penggunaan interactive metadiscourse tersebut di dalam bagian temuan dan diskusi. Studi ini mengimplementasikan analisis isi untuk mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan menganalisis interactive metadiscourse. Sumber data yang digunakan adalah 10 bagian temuan dan diskusi dari tesis mahasiswa S2 jurusan bahasa Inggris, Universitas Negeri Jakarta. Data dari studi ini adalah kata, frasa, dan klausa yang sudah teridentifikasi dari sumber data. Hasil dari studi ini menunjukan bahwa transitions telah secara dominan muncul dengan jumlah 634 kata dari total 1540 interactive metadiscourse yang ditemukan atau secara sering digunakan sebanyak 41% disusul dengan endophoric markers sebanyak 20%. Tingginya penggunaan transitions menandakan bahwa penulis ingin membuat sebuah teks yang saling menyatu dan masuk akal dengan menguhubungkan argumen-argumen dalam kalimat atau paragraf. Sedangkan endophoric markers digunakan untuk merujuk informasi di bagian lain dalam teks.
Kata Kunci: Interactive Metadiscourse, metadiscourse markers, thesis writing, finding and discussion section
Bibliografi : lembar 50-51
SS00010985 | SK 10985 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain