Text
Need analysis of the fourth graders on supplementary english vocabulary materials : a case study in esa nusa islamic school
ABSTRAK
RISKY IKA PUTRI. 2016. Analisis Kebutuhan Pada Murid Kelas
Empat Dalam Materi Tambahan Kosa Kata Bahasa Inggris : Studi
Kasus di Esa Nusa Islamic School. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra
Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Juli
2016.
Tidak adanya bahan kosakata yang tepat untuk siswa kelas empat telah
memotivasi kebutuhan bahan kosakata tambahan. Hutchinson dan
Waters (1987) menunjukkan bahwa analisis kebutuhan diperlukan
dalam merancang materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis kebutuhan siswa pada materi kosakata bahasa Inggris
tambahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan studi kasus (Cohen et. al, 2009). 26 siswa kelas IV dan guru
bahasa Inggris yang terlibat dalam penelitian ini. Bahan yang ada,
observasi, wawancara dan kuesioner digunakan sebagai instrumen.
Bahan pembelajaran dianalisis dengan membandingkannya dengan
kriteria yang universal diusulkan oleh Tomlinson (2013), tujuan silabus,
dan tujuan kurikulum muatan lokal. Pengamatan dianalisis dengan
mengambil catatan. persepsi guru dianalisis oleh peneliti untuk
menentukan kebutuhan siswa. Kuesioner dianalisis dengan menghitung
persentase hasil. Kebutuhan siswa ditentukan oleh triangulasi data.
Kata Kunci: analisis kebutuhan, materi tambahan kosa kata bahasa
Inggris, kelas empat, studi kasus.
Bibliografi : lembar 57-58
SS00010986 | SK 10986 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain