Text
Pengembangan strategi pembelajaran berbasis lingkungan di PAUD Darul Muttaqien
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN
BERBASIS LINGKUNGAN DI PAUD DARUL MUTTAQIEN
Reza Andani
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bagaimana strategi pembelajaran berbasis lingkungan di kelas B2 khususnya pada tema air. Penelitian ini dilakukan di PAUD Darul Muttaqien Jakarta dengan responden 20 orang siswa dan pendidik. Model pengembangan yang digunakan adalah Model Pengembangan Instruksional (MPI) yang dikembangkan oleh M.Atwi Suparman. Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan dengan delapan langkah, yaitu tahap pertama mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis tujuan instruksional, melakukan analisis instruksional, mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik. Tahap kedua yaitu menulis tujuan instruksional khusus, menulis tes acuan patokan, menyusun strategi instruksional, mengembangkan bahan instruksional, dan tahap yang ketiga yaitu melaksanakan evaluasi formatif. Strategi pembelajaran berbasis lingkungan menghasilkan sebuah perangkat strategi pembelajaran serta buku panduan untuk guru. Dari hasil uji coba diperoleh rata-rata keseluruhan pada evaluasi ahli dengan nilai 3,57. Serta dari data rekapitulasi hasil penilaian siswa didapatkan standar nilai kelas dengan hasil 86%. Strategi pembelajaran berbasis lingkungan dengan tema air yang dikembangkan layak diterapkan di PAUD kelompok B. Implikasi penelitian ini bagi guru adalah, dapat membantu guru dalam merancang kegiatan pembelajaran khususnya pada tema air, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan siswa akan lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Strategi pembelajaran berbasis lingkungan, PAUD
Bibliografi : lembar 114-116
SS00011267 | SK 11267 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain