Text
Pengaruh model cooperative learning tipe teams game tourment (TGT) terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar di kelurahan Jati Jakarta Timur
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD
(2016)
Salmiati
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jati 03 Pagi Jakarta Timur sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh positif terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan motivasi belajar dalam siswa kelas V SD. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang suasana dan gaya belajar yang bervariasi untuk dapat mengembangkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD.
Kata kunci: Model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar IPA siswa kelas V SD
Bibliografi : lembar 92-95
SS00011268 | SK 11268 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain